Minggu, 25 November 2012

Mangut Lele

Mangut lele adalah makanan khas Yogyakarta yang rasa-rasanya bakalan bikin nasi sebakul habis kalau makan pakai lauk ini. Mangut lele adalah salah satu masakan yang belum pernah saya masak sebelumnya dan kemudian berhasil. Selalu ada kali pertama untuk sesuatu dan syukurnya saya mengabadikannya dalam sebuah foto. Berikut saya sertakan penampakannya beserta resep ala saya yang sudah saya modifikasi sebagai bentuk permakluman anak kost yang cuma punya bahan seadanya. Selamat mencoba...




Bahan
- 500 gram lele, bersihkan
- Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng dan menumis 
- Daun kemangi secukupnya, sesuai selera
- 1 lembar daun salam 
- 2 cm lengkuas, memarkan 
- 2 cm jahe, memarkan 
- 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa, atau bisa pakai santan kemasan
- 2 buah belimbing wuluh belah memanjang 
  (jika tidak punya bisa menggantinya dengan tomat sebagai pengganti rasa asam)
- 6 buah cabai rawit merah, belah memanjang
- 1 sdt gula pasir atau gula merah (saya lebih suka pakai gula merah)
Bahan Halus
- 5 butir bawang merah 
- 4 siung bawang putih 
- 1 cm kunyit 
- 3 buah kemiri 
- 1/4 sdt merica butir 
- 1 1/2 sdt garam 

Cara Membuat
- Goreng lele sampai matang atau berwarna kecoklatan, angkat, sisihkan. 
- Tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, dan jahe sampai harum dan matang. 
- Beri santan, aduk perlahan sampai mendidih. 
- Masukkan lele yang sudah digoreng. 
- Masukkan belimbing wuluh/ tomat, cabai rawit merah, dan gula pasir/ gula jawa dan daun kemangi. 
- Aduk rata, masak sampai bumbu meresap dan kuah meniris, angkat, sajikan.



0 comments:

Posting Komentar